(0778) 4807829

"Jika mendekat  kepada Allah yg maka Makluk akan tunduk kepadamu... Jika mendekat kepada makhluk maka Allah akan menjauh dariMu."

Ruang Guru
01 February 2024

oleh: Ust. RUSMAN, M.TH

السلام عليكم ورحمة وبركاته.
الحمدلله رب العالمين. حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه. 
   Segala syukur kepada Allah...
Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad Saw.. 
Allahu berfirman dalam Al-Qur'an surat al-inshirah:8.
 والي ربك فارغب.
Dan hendaknya kepada tuhannmu engkau berharap..
Kaum muslimin...
Sebagai manusia dan makhluk Allah yg lemah tentu dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yg membuat kita butuh dan berharap, baik harapan itu kepada sesama manusia atau kepada yg maha Agung Allah SWT. 
Harapan itu kita tautkan dengan tujuan agar segala masalah mendapatkan solusi terbaik.. namun Allah selalu tekankan bahwa harapan sesungguhnya hanya menggantungkan diri dan harapan kepada Allah, dan berharap selain kepada Allah bisa membuahkan kekecewaan.
Contoh kisah ...
Suwaktu waktu seorang marbot masjid kesulitan dalam hal keuangan sampai untuk makan pun susah..
Dalam kesulitan itu dia berdoa kepada Allah SWT..
"Ya Allah..hamba dalam kesulitan bahkan untuk makan sekalipun...
Ya Allah..dengan keagunganMu berikan hamba kemudahan dan keluarkan hamba dari masalah ini"
Atas ijin Allah gak lama setelah doa itu ia munajatkan... handphone berbunyi..
"Assalamualaikum ustadz.. bisakah kiranya ustadz isi cermah dalam acara walimtul ursy"
Sang marbot merasa lega dan langsung berpikir bahwa itu solusi dari Allah SWT...namun setelah ada undangan ceramah tersebut yg dipikiran sang marbot adalah "UANG" 
Menurutnya uang adalah solusi yg mampu menyelesaikan masalahnya. 
Di hari H sang marbot bergegas menuju acara walimtul ursy dan menyampaikan cermah dngan baik dan menakjubkan..dan smpailah waktu sang marbot untuk pulang...
Satu persatu keluarga mempelai disalami belum ada satupun yg memberikan amplop (uang), mulailah muncul kegelisahan dihati sang marbot, dan sudah slsai smua disalam belum juga ada yg memberi, mulah sedih, resah, kecewa bercampur aduk dimana jarak yang ditempuh sangatlah jauh sementara uang sudah tidak ada sama sekali. 
Ketika berjalan kearah sepeda motornya, tunduk lesu dan sengaja agak melama-lamakan mana tahu mungkin tuan rumah lupa memberi dan akan memanggil sang marbot..tapi ternyata itupun tidak juga sama sekali...
Sang marbot akhirnya pulang..dan sepanjang jalan berurai air mata karena menyesal bahwa harapan yang ia gantung berada pada tempat yang salah...dari kisah ini...bisa bisa simpulkan bahwa berharap pada Allah InshaAllah tidak akan kecewa, sementara berharap pada manusia biasanya membuahkan penyesalan...

"Jika mendekat  kepada Allah yg maka Makluk akan tunduk kepadamu...
Jika mendekat kepada makhluk maka Allah akan menjauh dariMu."

Assalamualaikum warahmatullahi..????????????