(0778) 4807829

Akhlak dan Ilmu

Ruang Guru
03 May 2024

Oleh: Ust Sumrah Hadi

Akhlak dan ilmu
Rasulullah SAW pernah memberi nasihaat
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما أَنَّهُ قَالَ: كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ: «أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا» قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ: «أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ»
"Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma bercerita: 'Aku pernah bersama Rasulullah SAW, lalu datang seorang lelaki dari kaum Anshar mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW lalu bertanya: 'Wahai Rasulullah, orang beriman manakah yang paling terbaik?'
Beliau menjawab: 'Yang paling baik akhlaknya'.
Orang ini bertanya lagi: 'Lalu orang beriman manakah yang paling berakal (cerdas)?'

Beliau menjawab: 'Yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapannya setelah kematian, merekalah yang berakal. 
Juga terdapat hadits nabi mengenai akhlak
إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ
Artinya: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.” (HR Al-Baihaqi dari Abu Hurairah
Salah satu tujuan ilmu pengetahuan adalah menegakkan amar ma’ruf nahy munkar. Ilmu yang tidak berdiri di atas kebaikan dan di barengi dengan akhlak yang baik dan tidak memerangi kemunkaran adalah ilmu yang hampa.

Rasulullah saw pernah bersabda, ”Ketahuilah, bahwa ilmu adalah cahaya (nur).” Sifat cahaya yang paling utama adalah memberi penerang. Mengusir kegelapan juga menjadi salah satu tujuan munculnya cahaya. Petunjuk arah juga peran yang tak kalah penting dari cahaya. Maka, ilmu yang benar akan menjadi cahaya yang mengusir kegelapan, sekaligus menunjukkan arah kebaikan.
Juga ada pesan dari gurunya imam syafi'i
العلم نور ونور الله لايهدى للعاصى 
Al ilmu nuurun wa nuurullaahi la yuhda lil 'ashi.. 
Ilmu adalah nur (cahaya), dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat...
Sebagai buah ilmu dan amal, akhlak merupakan cermin kematangan seseorang, sehingga ia tidak terlalu formalistik dan cenderung lebih mengutamakan titik-temu dan persamaan. Hal ini karena akhlak itu di atas dan melampaui fiqih (Pemahaman). Seorang yang berakhlak disebut dalam Al-Quran antara lain dengan panggilan ibadurrahman, sehingga gerak-gerik lakunya sopan, ucapannya pun penuh kedamaian.